Vaksinasi Pneumonia Tidak Dapat Melindungi Dari Infeksi Virus COVID-19

$halaman->judul

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan vaksin pneumonia tidak dapat memberi perlindungan terhadap virus COVID-19. Hal ini dikarenakan karakteristik virus COVID-19 berbeda dengan virus lain sehingga memerlukan vaksin yang berbeda pula.

“Pengembangan vaksinasi COVID-19 masih terus dilakukan. Oleh karena itu dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan, agar semua orang yang menjadi sasaran vaksinasi dapat memperoleh haknya dan mendapatkan imunisasi sehingga terhindar dari COVID-19,” katanya.

Menurut Dewi, sejauh ini pemerintah sudah membuat roadmap agar vaksin dapat diproduksi tepat waktu dan diberikan kepada sasaran vaksinasi yang sudah dilakukan pendataan. “Ketersediaan logistik untuk kegiatan vaksinasi COVID-19 juga difasilitasi oleh pemerintah,” jelasnya.

Terkait dengan ini terang Dewi, Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo Bidang Promotif Preventif mengingatkankan, perlu adanya edukasi terhadap masyarakat terkait vaksinasi yang akan diberikan, terutama jika vaksinasi diberikan kepada anak-anak.

“Dengan adanya vaksinasi COVID-19, dapat tercipta herd immunity, mengurangi keparahan, terhindar dari komplikasi dan mengurangi banyaknya biaya perawatan. Vaksin bermanfaat besar agar masyarakat terlindungi dari COVID-19, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?,” pungkasnya. (wan)