0811-3373-119
dinkes@probolinggokab.go.id

Vaksinasi Covid-19 Aman Untuk Ibu Hamil

$halaman->judul

KRAKSAAN - Menurut Centers for Diseases Control and Prevention (CDC), ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 dapat mengalami keadaan yang lebih berat dibandingkan ibu yang tidak hamil, sehingga memerlukan perawatan di rumah sakit, ruang ICU hingga butuh ventilator dan berisiko kematian tinggi.

“Oleh karena itu, Perkumpulan dokter Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) merekomendasikan vaksin Covid-19 dalam kehamilan untuk mencegah ibu hamil bergejala berat bila terpapar Covid-19,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Menurut CDC jelas Dewi, vaksin untuk ibu hamil belum adanya potensi bahaya bagi ibu dan janinnya serta ibu menyusui yang menerima vaksin Covid-19, data penelitian yang masih berjalan menunjukkan keamanannya.

“Data dari penelitian Developmental and Reproductive Toxicity (DART) pada model hewan yang diberikan vaksin Pfizer, Moderna dan Janssen, tidak menunjukkan kejadian yang membahayakan pada kehamilan. Tidak ada pilihan vaksin yang lebih baik, semua vaksin boleh. Tidak ada vaksin yang dapat menyebabkan infertilitas,” jelasnya.

Berdasarkan WHO terang Dewi, ibu hamil dengan usia >35 th, Indeks Masa Tubuh (IMT) tinggi dan memiliki komorbid seperti Diabetes, Hipertensi serta berisiko tinggi terpapar Covid-19, direkomendasikan untuk menggunakan Vaksin Sinovac.

“Sinovac adalah vaksin inactivated yang secara umum dapat memberikan proteksi pasif untuk Neonatus, Bayi Baru Lahir dan tidak berhubungan dengan keguguran dan atau kelainan kongenital, tetapi belum ada data teratogenik,” tegasnya.

Menurut Dewi, profil keamanan pada uji klinis vaksin pada populasi umum di Indonesia menunjukkan bahwa Coronavac memberikan efek samping yang umumnya ringan sedang dan efek samping berat biasanya mual, sakit perut, sakit kepala, lemas dan demam serta kejadiannya 0,1- <1%1%. “Setelah tahu bahwa vaksin Covid-19 aman untuk ibu hamil, ayo segera vaksinasi,” pungkasnya. (wan)