Tak Lagi Merah, Kabupaten Probolinggo Masuk Zona Orange

$halaman->judul

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Setelah hampir sepekan menjadi zona merah (risiko tinggi), Kabupaten Probolinggo mulai hari ini berubah menjadi zona orange (risiko sedang) dalam penyebaran COVID-19.

Sebagaimana dilansir oleh Satgas Penanganan COVID-19 pada Selasa (15/9/2020) petang, Kabupaten Probolinggo bersama dengan 33 daerah lain di Indonesia berubah dari zona merah ke zona orange.

Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica membenarkan hal tersebut. “Alhamdulillah, saat ini Kabupaten Probolinggo sudah masuk zona orange dalam penyebaran COVID-19,” katanya.

Menurut Dewi, perubahan Kabupaten Probolinggo dari zona merah ke zona orange dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yang pertama karena penurunan jumlah kasus positif yang dirawat di rumah sakit lebih dari 50%.

“Beberapa pasien konfirm positif tersebut kondisi klinisnya membaik, tidak adanya pertambahan gejala, sehingga dapat bergeser ke rumah sehat untuk menunggu hasil swab evaluasinya. Jika hasil swab evaluasi sudah negatif maka pasien tersebut dapat dinyatakan sembuh,” jelasnya.

Kedua, karena adanya penurunan jumlah kasus kontak erat dan suspek yang dirawat di rumah sakit dalam 1 minggu terakhir lebih dari 50%. “Faktor lainnya dikarenakan perhitungan angka Reproduksi efektif (Rt) Kabupaten Probolinggo mencapai angka 0,91 (target < 1 ),” pungkasnya. (wan)