0811-3373-119
dinkes@probolinggokab.go.id

Rentan Tertular Covid-19, Puluhan Remaja di Kecamatan Leces Ikut Vaksin

$halaman->judul

LECES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo terus menggelorakan percepatan vaksinasi Covid-19 dalam rangka membentuk herd immunity untuk mengurangi risiko penularan virus Covid-19. Selain orang-orang dewasa, kali ini vaksinasi Covid-19 ini juga difokuskan kepada pelajar yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Dalam rangka mendukung optimalisasi dan percepatan program vaksinasi Covid-19 tersebut, puluhan remaja usia 12 hingga 17 tahun dari tingkat pelajar SMP dan SMA di Kecamatan Leces antusias mengikuti vaksinasi dosis pertama untuk mendapatkan kekebalan komunal atau herd immunity, Sabtu (24/7/2021) di halaman Kantor Kecamatan Leces.

Saat ini ditengah semakin menyebarnya virus Covid-19, pemerintah semakin menggalakkan vaksinasi bagi remaja. Vaksinasi ini dilakukan sesuai izin resmi yang dikeluarkan pemerintah pusat dengan ketentuan usia 12 sampai 17 tahun. Pihak sekolah dan orang tua siswa/siswi pun mendukung program vaksinasi nasional untuk menunjang kesehatannya.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi kalangan remaja di Kecamatan Leces ini disaksikan oleh Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi serta sejumlah perwakilan OPD terkait dan Forkopimka Leces.

Vaksinasi Covid-19 bagi remaja ini sama dengan vaksinasi bagi kalangan orang dewasa mulai dari pendaftaran hingga penyuntikan vaksin dosis pertama pada lengan tangan kiri. Antusias para remaja inipun mendapatkan apresiasi dari Kapolres Probolinggo dan berpesan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi menyampaikan kasus infeksi virus Covid-19 pada anak-anak mulai mengalami peningkatan. Risiko terinfeksinya virus pada anak dapat diturunkan dan memutus mata rantai penularan dengan cara pemberian vaksin Covid-19. “Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mendukung kesehatan anak melalui program vaksinasi nasional,” katanya.

Menurut Kapolres, pencanangan percepatan vaksinasi Covid-19 untuk kalangan orang dewasa dan remaja ini dilakukan karena penularan virus Covid-19 yang cukup tinggi di Kabupaten Probolinggo. Vaksinasi bagi remaja ini dilaksanakan agar supaya dapat meningkatkan kesehatan anak dan mencegah penularan virus Covid-19.

“Saya berpesan protokol kesehatan harus selalu dilakukan meskipun sudah disuntik vaksin, baik di lingkungan rumah maupun di luar rumah saat bepergian. Pemberian vaksin dan penerapan protokol kesehatanlah yang dapat melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan Covid-19,” tegasnya. (y0n)