Komorbid Disertai Gejala Sesak Nafas Dapat Gunakan Face Shield Saja

$halaman->judul

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan disiplin pemakaian masker saat pandemi COVID-19 merupakan suatu kewajiban yang harus terus dilakukan, terutama pada saat kita keluar rumah atau bertemu dengan orang banyak.

“Untuk orang dengan komorbid yang disertai gejala sesak nafas, seperti penderita gagal jantung kronis, gagal ginjal kronis dan penyakit paru menahun, maka dapat menggunakan face shield saja, tetapi protokol kesehatan lainnya tetap dijalankan yaitu menjaga jarak lebih dari 1,5m dan rutin mencuci tangan pakai sabun/sanitizer,” katanya.

Sehingga orang-orang komorbid dengan kondisi tidak bisa memakai masker (karena akan semakin sesak), sebaiknya di rumah saja dan tidak keluar rumah kecuali untuk keperluan mendesak misalnya periksa ke layanan kesehatan atau bekerja.

“Orang-orang kondisi seperti ini juga wajib membatasi kontak dengan orang lain, tidak berada di keramaian, karena di luar rumah banyak orang tanpa gejala yang berpotensi menularkan COVID-19. Mari lindungi diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar dengan disiplin memakai masker,” pungkasnya. (wan)